Pra-Pengumuman

 

Jadi hari ini adalah H-1 pengumuman SBMPTN 2020, dan disinilah aku, enjoy di kamar, nunggu pengumuman dengan penuh harapan, tanpa ada was-was sedikit pun.

Pengennya.

Pengennya sih gitu, ngomong dengan bangga bahwa itu yang bener-bener aku rasain.

Tapi nyatanya? Nervous. Yes, I am nervous. Yes, I am concerned for tomorrow's result. And I think it's fine. It's completely normal. Buat kalian yang kebetulan juga ngerasain hal yang sama, well, here I am. Lagi ngalamin hal yang sama persis kaya yang lagi kalian rasain. Jadi jangan berpikir kalo kalian sendiri. Seenggaknya ada aku disini yang juga ngalamin hal itu.

Siapa sih yang ga kepikiran sama hasilnya. Hasil dari tes yang bakal nentuin masa depan kita, yang juga bakal nentuin bisa ato engganya kita meraih apa yang kita perjuangin selama ini. Terus kalo ternyata gagal? Buat ngikutin ujian yang sama, sayangnya harus nunggu taun depan. Emang sih ada jalur mandiri, PTS, dll yang bisa kita coba. Tapi, jika kebetulan kalian kaya aku, dimana aku hanya mampu ikut yang uang pangkalnya gratis, aku ga coba UM yang lain selain di UGM, apalagi daftar PTS. Jadi, SBMPTN adalah kesempatan besar buat aku biar bisa kuliah.

Oke, jadi apa sih yang baiknya dilakuin di H-1 pengumuman gini? Gimana sih biar seenggaknya nervousnya ga sampe parah banget?

In my humble opinion, kita ga usah terlalu banyak mikir. Kemaren bukannya udah mikir terus-terusan 24 jam sehari selama seminggu selama berbulan-bulan buat nyiapin SBMPTN? Ya udah. Sekarang ga usah diulang. Bikin capek aja.

Iya, aku juga gugup. Tapi seenggaknya aku sadar, dan kalian sebaiknya juga, bahwa setelah ujian selesai, disitulah kontrol kalian akan apa yang bakal terjadi ikut selesai. Kita ga bisa ngontrol lagi abis selesai tes. Usaha fisik terakhir kali kita adalah tes itu. Selebihnya? Bukan kuasa kita. Itu udah kuasa yang punya takdir. Kita bisa berusaha buat belajar sekuat tenaga waktu nyiapin buat tes. Kita juga bisa berusaha buat meminimalisir kesalahan yang kita buat waktu Hari-H tes. Tapi setelahnya? Setelah tes selesai, setelah semua usaha secara fisik dan pikiran sudah kita lakukan, lantas apa? What do we do?

Berdoa. Berserah diri kepada pemilik takdir. Berserah lho ya, bukan menyerah. Berserah itu memercayakan diri dan nasib kepada Yang Kuasa. Kalo menyerah, itu mah lepas aja. Gimanapun yang terjadi terserah lah. Nah, bukan itu yang kita cari. Kita harus percaya bahwa usaha yang kita lakuin itu udah maksimal dan akan terbalas pada akhirnya. Perhatikan kata, "pada akhirnya" disitu. Karena, takdir yang memang udah ditujukan buat kita, sejauh apapun kita pergi, ya tetep bakal nyampe ke kita. Sementara kalo itu bukan buat kita ya ga bakal bisa jadi buat kita sebesar apapun kita pengen itu di kehidupan kita.

Tapi jangan salah, bukan berarti pilihan kita salah, bukan juga berarti Tuhan ga sayang sama kita. Kita ga tau aja kejutan-kejutan Tuhan yang disiapkan buat kita kalo kita bisa percaya dan yakin sama pilihan-Nya. Bahkan, Jerome Polin Sijabat, mahasiswa Indonesia di Jepang yang mendapat beasiswa dari Mitsui Busan, bukan menempatkan Waseda University (tempat belajarnya sekarang) sebagai pilihan pertama. Beliau awalnya pengen ke Nanyang Technological University di Singapore, dan udah bisa masuk sebenernya, tapi beasiswa yang didapet cuma 50% dan akhirnya ga diambil. Setelah cari-cari info beasiswa lagi, akhirnya nemu dan beliau lolos di beasiswa Mitsui Busan. Awalnya pun sebetulnya beliau pengen belajar di Tokyo University. Namun takdir berkata lain, beliau akhirnya keterima di Waseda University di jurusan Matematika. Tapi, apa kata beliau? Menyesalkah? Mengutip dari bukunya, "Mantappu Jiwa", beliau berkata :

''Jika aku diterima di Tokyo University, mungkin aku akan menjadi sangat sibuk belajar dan tidak akan punya waktu luang untuk bisa melakukan kegiatan lain. Andai aku tidak jadi masuk Waseda, aku tidak yakin punya waktu luang dan dapat menemukan orang yang 'kocak' dan suportif seperti Tomo, Yusuke, dan Otsuka."

Secara implisit beliau berkata, gapapa ga keterima di pilihan awal kita. Pada akhirnya, Tuhan sudah merencanakan semuanya dengan sangat sempurna, bahkan sampai kita lupa pernah menangisi kegagalan di awal tadi. Coba kalo Jerome Polin beneran keterima di Nanyang atau di Tokyo University, ga bakal ada kanal Youtube Nihongo Mantappu yang subscriber dan viewernya udah berjuta-juta. Ga bakal juga beliau terkenal bahkan sampe bisa bikin buku tentang perjuangannya dapet beasiswa.

Jadi, apapun yang terjadi besok, itu adalah yang terbaik buat kita. Apapun itu. Kemungkinan jatuh di pilihan 2 atau bahkan tertolak pasti selalu menghantui. Bahkan aku pun tak luput berada di salah satu dari kedua pilihan itu. Yang terpenting, kita percayakan semua pada Tuhan. Karena satu hal yang pasti, rencana Tuhan pasti lebih baik dari seluruh rencana yang kita buat.

Semoga besok mendapatkan kabar baik, ya!

Tetep semangat!

 

Comments

Popular posts from this blog

Post - Hiatus

Tahun Kembar